FK USU Menyambut Kedatangan Tim ZOOMAL ( Zoonotic Malaria )

WhatsApp Image 2022 06 27 at 11.30.22

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara dalam rangka menuju centre of excellence in Tropical Medicine di Indonesia, membangun kerjasama dengan Menzies School of Health Research Australia sejak Agustus 2019 dalam sebuah penelitian kolaborasi dalam bidang kedokteran tropis dengan judul  “Evaluating Zoonotic Malaria Transmission and Agriculture Land Use in Indonesia”. Penelitian ini berfokus pada peyakit Malaria Knowlesi di Sumatera Utara yang melibatkan para stakeholder dari berbagai disiplin ilmu seperti kedokteran, kedokteran hewan, sosioekonomi, entomologi, pertanian, antropologi, ekonomi, dan bidang-bidang lain yang berasal dari institusi-institusi berskala lokal, nasional, dan internasional. Termasuk diantaranya Menzies Szchool of Health Research Australia, James Cook University (JCU), University of Western Australia, Laboratorium Entomologi - Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Medan, Eijkman Institute for Molecular Biology (EIMB), Eikman-Oxford Clinical Research Unit, dan Universitas Andalas.

Projek ini merupakan salah satu upaya Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara untuk memperkuat jejaring di Indonesia dan dunia, serta mendukung visi FK USU sebagai centre of excellence in tropical medicine, dan juga memperdalam pendekatan dan tatalaksana penyakit dari perspektif One Health.

Selain pertemuan yang dilakukan di Fakultas Kedokteran, dalam kesempatan tersebut dr. Inke Nadia Diniyanti Lubis, M.Ked(Ped), SpA, PhD sebagai peneliti utama Sumatera Utara juga mengajak seluruh Tim Zoomal yang hadir untuk agenda Meet and Greet dengan jajaran pimpinan Universitas Sumatera Utara yakni Rektor (Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si), Wakil Rektor III (Bidang Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Kerjasama), Direktur Internasionalisasi dan Kemitraan Global (Prof. Dr. Eng. Himsar Amabarita, St, MT), serta Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. Dr. dr. Aldy Syafrudin Rambe, Sp. S(K).

TIM ZOOMAL

Pertemuan tersebut diharapkan dapat menjadi langkah pengembangan program riset di Universitas Sumatera Utara dalam pelaksanaan One Health di Indonesia.

Ditulis oleh: dr. Rizki Indah Putri Lubis