Workshop dan Benchmark Visit Laboratorium Terpadu FK USU

WhatsApp Image 2022 07 26 at 08.56.55 1

Dalam rangka persiapan dan pengembangan Laboratorium Terpadu FK-USU berstandar Internasional sebagai salah satu target indikator kinerja USU 2020-2024, Dekan FK-USU menugaskan dr. Inke Nadia Lubis, M.Ked(Ped.), Sp.A(K), PhD. (Wakil Dekan III) dan Dr. dr. Dedi Ardinata, M. Kes., AIFM (Kepala Laboratorium Imunologi), untuk mengikuti kegiatan workshop “Lab Design and Workflow for Core Laboratory” dan Benchmark Visit ke Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FK-UI dan Laboratorium Klinik Prodia Jakarta pada tanggal 22-23 Juli 2022.

Pada kegiatan workshop “Lab Design and Workflow for Core Laboratory” yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Kimia Klinik Dan Laboratorium Indonesia, peserta mendapatkan informasi dan melakukan latihan dalam melakukan steps in designing, space allocations, dan layout considerations dari suatu laboratorium klinik yang baik. Diakhir kegiatan peserta diberi kesempatan mengunjungi Laboratorium 24 Jam Departemen Patologi Klinik FK-UI/Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta dipandu oleh dr. July Kumalawati, DMM., SpPK(K) beserta beberapa orang fasilitator.

WhatsApp Image 2022 07 26 at 08.56.55

Kegiatan selanjutnya, benchmark visit ke IMERI FK-UI yang lokasinya tidak jauh dari lokasi workshop. Tim diterima dengan hangat  oleh dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK(K) (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum), Prof. dr. Badriul Hegar, PhD, SpA (K) (Direktur IMERI) dan beberapa orang staf manajemen yang kemudian memberikan penjelasan dan diskusi tentang pengalaman memperiapkan dan mengembangkan, pengelolaan: SDM, fasilitas, hingga pendanaan operasional IMERI. Setelah cukup puas mendapatkan informasi dan diskusi, tim dibawa berkunjung ke fasilitas Medical Science Cluster. Ada 12 cluster dimiliki IMERI yang memberikan dukungan penelitian dan tim konsultasi kepada klien dengan berbagai layanan, namun karena beberapa pertimbangan hanya beberapa cluster saja yang dikunjungi, diantaranya: Center for Sport and Exercise Studies, Human Cancer, Human Genetics, Infectious Disease and Immunology, Metabolic Disorder, Cardiovascular and Aging dan Stem Cells and Tissue Engineering. Pada setiap cluster yang dikunjungi, Tim mendapat informasi dan berdiskusi dengan para staf tentang disain dan fasilitas laboratorium (High-end Equipments), pengelolaan, aktivitas penelitian hingga hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan diberbagai jurnal bereputasi internasional maupun layanan kepada masyarakat. Diakhir kunjungan, Tim mendapat kesempatan mengujungi Indonesia Museum of Health and Medicine.

Benchmark visit ke Laboratorium Klinik Prodia Tower dan ProSTEM (Prodia Stem Cell Indonesia) Jakarta dilakukan pada kesesokan harinya. Tim diterima dengan antusias oleh Dr. Dwi Yuniati Daulay, M. Kes, Apt.(AVP Marketing and Account), Marissa Arifin, M. Kes (Regional Head Sumatera), Rina Triana, M. Kes, Apt. (Head of Research Support), Made Putra Semadhi, M. Kes, Apt. (PRNL Head), Lorena Boentoro, S. Farm, Apt. (Business Representative), dan Rima Haifa, S.Si (Research-Based Therapy Supervisor, ). Masing-masing dari mereka sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya memberikan berbagai informasi dan diskusi tentang disain, fungsi dan perawatan berbagai alat laboratorium yang High-end Equipments berbagai masalah dan solusinya,  sembari berkeliling melihat yang fasiltas yang mereka miliki. Prodia Tower Jakarta melayani lebih dari 600 jenis pemeriksaan laboratorium dengan rata-rata 130.000 tes/bulan, beroperasi 24 jam sehari dan menggunakan sistem online untuk registrasi pasien dari perujuk, interfacing alat laboratorium, dan pengiriman hasil pemeriksaan ke perujuk menjadikan Prodia Tower Jakarta sebagai Laboratorium Pusat Rujukan Nasional bagi seluruh Laboratorium klinik Prodia seluruh Indonesia. Laboratorium ini telah terakreditasi oleh College of American Pathologists (CAP) selama 10 tahun berturut-turut dengan beragam prestasi yang telah diraih sebagai laboratorium klinik terbaik pilihan masyarakat dan kepercayaan pelanggan. Kunjungan di ProSTEM (gedung terpisah) yang khusus bergerak di bidang laboratorium sel punca (Stem cell) telah dilengkapi dengan fasilitas penelitian serta didukung oleh jaringan dan kerja sama dengan rumah sakit pendidikan di Indonesia serta para peneliti dan klinisi di bidang sel punca. ProSTEM berperan aktif dalam kemajuan terapi, teknologi, dan informasi di bidang kedokteran regeneratif. Untuk penelitian yang baik dan bermutu, ProSTEM hanya melaksanakan penelitian yang telah mendapatkan Ethical Clearance atau keterangan lolos kaji etik dari komite kaji etik penelitian di Indonesia.

Workshop Dan Benchmark Visit yang telah dilakukan oleh Tim Labaratorium Terpadu FK-USU telah mendapat informasi dan pengalaman penting yang berharga dalam merencanakan dan melaksanakan berbagai aktifitas meraih pengakuan (akreditasi) internasional yang berdampak positip terhadap kualitas penilitian yang dilakukan oleh staf pengajar dan mahasiswa FK-USU dan tentunya mendukung eksistensi Universitas Sumatera Utara menjadi perguruan tinggi yang dipersiapkan untuk masuk ke dalam jajaran universitas kelas dunia masuk dalam 500 Quality and Success (QS) World University Rangking (WUR) atau 200 QS QS AUR (Asia University Ranking).