DIES NATALIS FK USU KE-70

dies

Fakultas Kedokteran USU kini sudah berusia 70 tahun (1952-2022), suatu usia yang sudah cukup matang dengan kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai saat ini. Seperti biasanya setiap tahun dilaksanakan perayaan dan kegiatan-kegiatan untuk memperingatinya, namun kali ini perayaan HUT FK USU ke-70 ini dibuat berbeda dengan lebih meriah terlebih setelah Pandemi COVID-19. Sejumlah kegiatan turut menyemarakkan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) Ke-70 yang mengambil tema "Early Detection for Women Health". Kegiatan digelar secara daring dan luring terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dies Natalis ini ditargetkan menjadi momentum untuk melakukan refleksi diri atas semua yang telah dicapai FK USU selama 70 tahun, sebagai salah satu fakultas yang mencetak lulusan terbaik yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.

            Secara garis besar, Dies Natalis FK USU ke-70 terdiri dari tiga rangkaian acara, yakni Pre-Event, Main Event, dan Penutupan. Ketiga rangkaian acara tersebut berisi serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun kampus terbesar di luar Pulau Jawa tersebut. Pre-event sendiri terdiri dari berbagai kegiatan seperti pengabdian masyarakat dan webinar. Selain itu juga sudah diadakan main event di acara Bazaar pada tanggal 11 September 2022. Pada tanggal 14 September 2022 di FK USU Aula Lantai 3 telah diadakan juga acara Sidang Terbuka Dies Natalis FK USU Ke-70 yang dihadiri oleh Rektor USU. Acara ini diawali dengan prosesi yang dihadiri oleh Rektor USU, Dekan USU, Wakil Dekan USU, Ketua Departemen, Sekretaris Departemen, Kepala Program Studi, Sekretaris Program Studi dan para sivitas akademika FK USU.

            Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ketua Panitia Dies Natalis FK USU Ke-70, Dr. dr. Johny Marpaung, MKed(OG), SpOG(K)-KFM yang memberikan laporannya terkait berbagai rangkaian acara Dies Natalis FK USU Ke-70 yang telah berjalan dengan sangat baik dan akan ditutup di acara malam keakraban tanggal 2 Oktober 2022. Kemudian laporan tahunan Dekan FK USU Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, Sp.S(K) tentang berbagai capaian FK USU dan harapan menuju FK USU sebagai Centre of Excellence. Kemudian kata sambutan oleh Ketua Ikatan Alumni FK USU, dr Zainal Safri, SpPD-KKV, Sp.JP(K) yang memberikan arahannya agar para alumni FK USU dapat saling menjaga silahturahmi dan kekompakkan. dan kata sambutan Rektor USU oleh Dr Muryanto Amin, SSos, MSi. Rektor USU mengatakan pada acara sidang terbuka tersebut bahwa diharapkan alumni FK USU berkompeten dan mampu untuk bersaing di dunia internasional sesuai dengan visi dan misi USU.

WhatsApp Image 2022 09 17 at 09.59.11

Sidang terbuka Dies Natalis FK USU ini juga tidak hanya menampilkan prosesi acara yang hikmat namun juga menampilkan orasi ilmiah dari salah satu alumni FK USU angkatan 1987 yang berprestasi di Internasional yakni dr. Rusly Harsono, M.Sc, MBA, FAAP, DipABLM, CHEF. Orasi ilmiah ini menampilkan bagaimana sosok alumnus tersebut dapat bersaing di dunia internasional dan diakui sebagai tenaga profesional yang ahli di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

            Selain itu, acara tersebut juga memberikan apresiasi yang begitu haru kepada para guru besar FK USU yang sudah dan juga pemberian penghargaan kepada para mahasiswa/i yang berprestasi dalam kegiatan nasional maupun internasional. Acara sidang terbuka Dies Natalis FK USU Ke-70 berjalan dengan baik dan hikmat yang kemudian sidang ditutup oleh Dekan FK USU. Dalam sidang terbuka secara hybrid ini, FK USU menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mewajibkan memakai masker, menjaga jarak, serta meminimalisir kerumunan.

 

Untuk informasi seputar Universitas Sumatera Utara silahkan kunjungi halaman : https://www.usu.ac.id/id