Kunjungan multidisiplin researcher dan lintas sektor dalam kegiatan 7¬th Worrld One Health Congress di Singapura

Kegiatan World One Health Congress ketujuh yang berlangsung di Marina Bay Sands Expo & Convention Center, Singapore berhasil mengumpulkan beragam ahli dari seluruh dunia secara hybrid. Beberapa diundang sebagai tamu Pinnacle pada kegiatan tersebut.

Terdapat berapa rangkaiaan tema pada acara yang berlangsung selama 5 hari itu yaitu Antimicrobial Resistance (AMR), One Health Science (OHS), Pandemic Communication (PEB), Impact on and Innovations in Clinical Practice (IICP), dan Pandemic Preparedness and Health System Resilience (PPHSR). Dalam setiap sesi menampilkan tokoh-tokoh ternama termasuk Presiden Singapura, Mdm. Halimah Yacob; Ketua World Health Organisation, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus; dan Ketua World Organisation for Animal Health, Dr. Monique Eloit.

Tidak ketinggalan, Universitas Sumatera Utara juga mengirimkan delegasi yang berkesempatan hadir langsung diantaranya Rektor Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran USU, Direksi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara, dan dosen-dosen dari Fakultas Kedokteran serta Kehutanan. Wakil Dekan III FK USU, dr. Inke Diniyanti Lubis, Sp. A, PhD menjadi salah satu pembicara yang memaparkan bahwa perubahan lahan, deforestasi, dan praktik pada lahan pertanian di Asia Tengggara berpotensi meningkatkan keterpaparan masyarakat dengan penyakit yang ditularkan melalui monyet, salah satunya malaria knowlesi. 6 dosen atau peneliti dari delegasi USU juga turut berkesempatan untuk memaparkan hasil penelitian melalui poster presentasi yang terkait tema yang diusung.

Rektor USU mengapresiasi keterlibatan delegasi dosen-dosen Universitas Sumatera Utara yang telah membantu meningkatkan reputasi USU di kancah internasional. "Partisipasi USU di dalam kegiatan-kegiatan berskala internasional merupakan bagian dari komitmen USU untuk menjadi kampus top dunia. Kegiatan 7th World One Helath Congress ini merupakan acara bergengsi yang melibatkan kampus-kampus level tinggi, sehingga partisipasi USU di kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan reputasi kita," ujar rektor.

Kegiatan ini meningkatkan harapan Universitas Sumatera Utara untuk berkolaborasi Internasional baik dengan negara-negara maju maupun Low and Lower Middle Income Countries. Dengan adanya pertemuan ini terdapat peluang bagi USU maupun staf-stafnya untuk melakukan pengembangan kapasitas, workshop, penelitian multi center, dan transfer of knowledge dengan universitas-universitas yang bereputasi di dunia.

Worrld One Helath Congress di Singapura

Rektor, Direktur RS USU, dan Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran USU Bersama dengan SingHealth Duke-NUS Global Health Institute yang terdiri dari Prof. Tan Hiang Khoon, Vijaya Rao, dan Wayan Tsai

 

Worrld One Helath Congress di Singapura1

Wakil Dekan III FK USU, sebagai salah satu pembicara pada sesi Temasek Foundation Pinnacle Series membicarakan tentang zoonotic malaria

 

Worrld One Helath Congress di Singapura2

Delegasi dari Indonesia berfoto Bersama dengan Prof. Amin Soeandrio, PhD, Sp.MK

 

Worrld One Helath Congress di Singapura3

Rektor USU berbincang-bincang dengan Prof. John Mackenzie dari Curtin University

 

Foto-foto poster presentasi dari dosen-dosen USU dan Rumah Sakit USU

Foto foto poster presentasi dari dosen dosen USU dan Rumah Sakit USU