Berita

WhatsApp Image 2022 08 16 at 11.37.23

Selasa 16 Agustus 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara menerima kunjungan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang ( FK Unissula ) Dr.dr. Setyo Trisnadi SH,Sp.KF beserta jajaran dan disambut oleh Dekan FK USU Prof.Dr.dr. Aldy Safruddin Rambe, Sp.S(K) beserta jajaran. Adapun agenda kegiatan dari kunjungan Dekan FK Unissula ini adalah Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara FK Unissula dan FK USU sekaligus melakukan kunjungan ke fasilitas riset dan pembelajaran di FK USU. Kedua belah pihak berharap agar kerjasama yang sudah terjalin menjadi lebih baik dan bermanfaat serta kebaikan untuk kedua belah pihak yaitu FK USU dan FK Unissula.

WhatsApp Image 2022 08 16 at 11.37.22 1

Silahkan kunjungi halaman : https://www.usu.ac.id/id untuk info seputar Universitas Sumatera Utara.

297303695 10228144482866297 6869229585613489373 n

Senin, 8 Agustus 2022 Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara mendapatkan kunjungan Tim Asesor dari LAM PT-Kes dalam rangka melakukan asesmen lapangan untuk akreditasi Program Studi Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Hadir memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan ini Bapak Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si.,didampingi oleh Bapak Dekan FK USU beserta Wakil Dekan 1,2 dan 3, juga turut hadir Ketua Departemen Radiologi dr. Elvita Rahmi Daulay M.Ked(Rad), Sp.Rad(K), Ketua Program Studi Radiologi dr. Dedy Dwi Putra,Sp.Rad dan Sekretaris Program Studi Radiologi dr. Henny Maisara Sipahutar, Sp.Rad serta para civitas akademik lainnya. Tim Asesor dari LAM PT-Kes yang hadir adalah Prof.Dr.dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes, Sp.Rad (K) dan Dr.dr.A.Gunawan Santoso,Sp.Rad(K).

297956362 10228144483026301 2032693717699532245 n

Semoga kegiatan Asesmen Lapangan yang dilaksanakan secara luring ini berjalan dengan lancar dan Program Studi Radiologi FK USU memperoleh hasil akreditasi yang terbaik.

 

WhatsApp Image 2022 07 21 at 14.27.37

Tim SPIRIT Project mengunjungi  Lovely Professional University, India, baru-baru ini. Kunjungan dilakukan sebagai bagian dari Proyek SPIRIT. Turut hadir rombongan Tim Proyek SPIRIT USU, diantaranya Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari M.Gizi,Sp.GK, Dr dr Yetty Machrina, MKes AIFO-K,SpKKLP, dr Inke Nadia D Lubis, M.Ked (Ped),SpA.PhD, dan Dr.rer medic.dr M Ichwan, MSc SpKKLP.

Koordinator SPIRIT dari USU, Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari M.Gizi,Sp.GK mengatakan, kunjungan yang dilakukan sejak tanggal 11 sampai 17 Juli 2022 tersebut untuk melaksanakan program training pembuatan silabus di Lovely Profesional University.

"Tujuannya adalah untuk menghasilkan kurikulum pendidikan olahraga dan nutrisi".

" Kerjasama ini terbentuk berdasarkan proyek SPIRIT dengan nomor kontrak 617779-EPP-1-2020-1-IN-EPPKA2-CBHE-JP yang melibatkan 3 negara Eropa dan 3 negara Asia," kata Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari M.Gizi,Sp.GK, Rabu (20/7).

Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari M.Gizi,Sp.GK menjelaskan proyek SPIRIT adalah proyek merancang kurikulum untuk pendidikan olahraga dan nutrisi bagi mahasiswa di lingkungan universitas terkait, yang nantinya dapat digunakan di seluruh dunia. Program ini diaplikasikan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan nutrisi yang tepat untuk mencegah penyakit tidak menular atau non-communicable diseases seperti kegemukan, darah tinggi, dan penyakit jantung-pembuluh darah.

"Proyek SPIRIT ini adalah kerjasama antara Siprus, Spanyol, dan Portugal (Eropa) dengan India, Indonesia, dan Sri Lanka untuk membentuk kursus pendidikan olahraga dan nutrisi. Universitas Eropa yang ikut serta yaitu University of Nicosia (Siprus), Universitat Politecnica de Valencia (Spanyol), dan University of Lisboa (Portugal). Sedangkan untuk universitas negara Asia adalah Lovely Profesional University (India), Bharati Vidyapeeth (Deemed to be) University (India), International School of Bussiness and Research (India),University of Peradeniya (Sri Lanka), University of Sabaragamuwa (Sri Lanka). Sementara universitas di Indonesia yang ikut serta adalah Universitas Sumatera Utara, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Syah Kuala," terangnya.

Menurut Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari M.Gizi,Sp.GK, kerjasama ini akan menghasilkan web platform yang berisikan kursus tentang pendidikan olahraga dan nutrisi yang tepat, yang terdiri dari kursus konvensional, kursus e-learning, dan kursus life long learning. Khusus kursus life long learning, ditujukan untuk akademisi yang akan mengembangkan keilmuannya dengan sistem belajar sepanjang hayat.

"Program ini didukung oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Dr Muryanto Amin SSos MSi beserta jajaran guna menciptakan kerjasama antar universitas. Kolaborasi yang dituju adalah pertukaran pelajar, dosen tamu, kerja sama penelitian, dan joint publication," ujarnya.

Ditambahkan Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari M.Gizi,Sp.GK, Proyek SPIRIT didukung oleh pendanaan Uni Eropa yaitu Erasmus plus yang difokuskan pada penelitian dan pengembangan pendidikan terutama olah raga. Proyek ini juga mendukung terwujudnya Sport Science Center di Universitas Sumatera Utara dalam mewujudkan visi dan misi USU.

WhatsApp Image 2022 07 21 at 14.27.37 1

WhatsApp Image 2022 07 26 at 08.56.55 1

Dalam rangka persiapan dan pengembangan Laboratorium Terpadu FK-USU berstandar Internasional sebagai salah satu target indikator kinerja USU 2020-2024, Dekan FK-USU menugaskan dr. Inke Nadia Lubis, M.Ked(Ped.), Sp.A(K), PhD. (Wakil Dekan III) dan Dr. dr. Dedi Ardinata, M. Kes., AIFM (Kepala Laboratorium Imunologi), untuk mengikuti kegiatan workshop “Lab Design and Workflow for Core Laboratory” dan Benchmark Visit ke Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FK-UI dan Laboratorium Klinik Prodia Jakarta pada tanggal 22-23 Juli 2022.

Pada kegiatan workshop “Lab Design and Workflow for Core Laboratory” yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Kimia Klinik Dan Laboratorium Indonesia, peserta mendapatkan informasi dan melakukan latihan dalam melakukan steps in designing, space allocations, dan layout considerations dari suatu laboratorium klinik yang baik. Diakhir kegiatan peserta diberi kesempatan mengunjungi Laboratorium 24 Jam Departemen Patologi Klinik FK-UI/Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta dipandu oleh dr. July Kumalawati, DMM., SpPK(K) beserta beberapa orang fasilitator.

WhatsApp Image 2022 07 26 at 08.56.55

Kegiatan selanjutnya, benchmark visit ke IMERI FK-UI yang lokasinya tidak jauh dari lokasi workshop. Tim diterima dengan hangat  oleh dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK(K) (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum), Prof. dr. Badriul Hegar, PhD, SpA (K) (Direktur IMERI) dan beberapa orang staf manajemen yang kemudian memberikan penjelasan dan diskusi tentang pengalaman memperiapkan dan mengembangkan, pengelolaan: SDM, fasilitas, hingga pendanaan operasional IMERI. Setelah cukup puas mendapatkan informasi dan diskusi, tim dibawa berkunjung ke fasilitas Medical Science Cluster. Ada 12 cluster dimiliki IMERI yang memberikan dukungan penelitian dan tim konsultasi kepada klien dengan berbagai layanan, namun karena beberapa pertimbangan hanya beberapa cluster saja yang dikunjungi, diantaranya: Center for Sport and Exercise Studies, Human Cancer, Human Genetics, Infectious Disease and Immunology, Metabolic Disorder, Cardiovascular and Aging dan Stem Cells and Tissue Engineering. Pada setiap cluster yang dikunjungi, Tim mendapat informasi dan berdiskusi dengan para staf tentang disain dan fasilitas laboratorium (High-end Equipments), pengelolaan, aktivitas penelitian hingga hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan diberbagai jurnal bereputasi internasional maupun layanan kepada masyarakat. Diakhir kunjungan, Tim mendapat kesempatan mengujungi Indonesia Museum of Health and Medicine.

Benchmark visit ke Laboratorium Klinik Prodia Tower dan ProSTEM (Prodia Stem Cell Indonesia) Jakarta dilakukan pada kesesokan harinya. Tim diterima dengan antusias oleh Dr. Dwi Yuniati Daulay, M. Kes, Apt.(AVP Marketing and Account), Marissa Arifin, M. Kes (Regional Head Sumatera), Rina Triana, M. Kes, Apt. (Head of Research Support), Made Putra Semadhi, M. Kes, Apt. (PRNL Head), Lorena Boentoro, S. Farm, Apt. (Business Representative), dan Rima Haifa, S.Si (Research-Based Therapy Supervisor, ). Masing-masing dari mereka sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya memberikan berbagai informasi dan diskusi tentang disain, fungsi dan perawatan berbagai alat laboratorium yang High-end Equipments berbagai masalah dan solusinya,  sembari berkeliling melihat yang fasiltas yang mereka miliki. Prodia Tower Jakarta melayani lebih dari 600 jenis pemeriksaan laboratorium dengan rata-rata 130.000 tes/bulan, beroperasi 24 jam sehari dan menggunakan sistem online untuk registrasi pasien dari perujuk, interfacing alat laboratorium, dan pengiriman hasil pemeriksaan ke perujuk menjadikan Prodia Tower Jakarta sebagai Laboratorium Pusat Rujukan Nasional bagi seluruh Laboratorium klinik Prodia seluruh Indonesia. Laboratorium ini telah terakreditasi oleh College of American Pathologists (CAP) selama 10 tahun berturut-turut dengan beragam prestasi yang telah diraih sebagai laboratorium klinik terbaik pilihan masyarakat dan kepercayaan pelanggan. Kunjungan di ProSTEM (gedung terpisah) yang khusus bergerak di bidang laboratorium sel punca (Stem cell) telah dilengkapi dengan fasilitas penelitian serta didukung oleh jaringan dan kerja sama dengan rumah sakit pendidikan di Indonesia serta para peneliti dan klinisi di bidang sel punca. ProSTEM berperan aktif dalam kemajuan terapi, teknologi, dan informasi di bidang kedokteran regeneratif. Untuk penelitian yang baik dan bermutu, ProSTEM hanya melaksanakan penelitian yang telah mendapatkan Ethical Clearance atau keterangan lolos kaji etik dari komite kaji etik penelitian di Indonesia.

Workshop Dan Benchmark Visit yang telah dilakukan oleh Tim Labaratorium Terpadu FK-USU telah mendapat informasi dan pengalaman penting yang berharga dalam merencanakan dan melaksanakan berbagai aktifitas meraih pengakuan (akreditasi) internasional yang berdampak positip terhadap kualitas penilitian yang dilakukan oleh staf pengajar dan mahasiswa FK-USU dan tentunya mendukung eksistensi Universitas Sumatera Utara menjadi perguruan tinggi yang dipersiapkan untuk masuk ke dalam jajaran universitas kelas dunia masuk dalam 500 Quality and Success (QS) World University Rangking (WUR) atau 200 QS QS AUR (Asia University Ranking).

WhatsApp Image 2022 06 27 at 11.30.22

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara dalam rangka menuju centre of excellence in Tropical Medicine di Indonesia, membangun kerjasama dengan Menzies School of Health Research Australia sejak Agustus 2019 dalam sebuah penelitian kolaborasi dalam bidang kedokteran tropis dengan judul  “Evaluating Zoonotic Malaria Transmission and Agriculture Land Use in Indonesia”. Penelitian ini berfokus pada peyakit Malaria Knowlesi di Sumatera Utara yang melibatkan para stakeholder dari berbagai disiplin ilmu seperti kedokteran, kedokteran hewan, sosioekonomi, entomologi, pertanian, antropologi, ekonomi, dan bidang-bidang lain yang berasal dari institusi-institusi berskala lokal, nasional, dan internasional. Termasuk diantaranya Menzies Szchool of Health Research Australia, James Cook University (JCU), University of Western Australia, Laboratorium Entomologi - Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Medan, Eijkman Institute for Molecular Biology (EIMB), Eikman-Oxford Clinical Research Unit, dan Universitas Andalas.

Projek ini merupakan salah satu upaya Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara untuk memperkuat jejaring di Indonesia dan dunia, serta mendukung visi FK USU sebagai centre of excellence in tropical medicine, dan juga memperdalam pendekatan dan tatalaksana penyakit dari perspektif One Health.

Selain pertemuan yang dilakukan di Fakultas Kedokteran, dalam kesempatan tersebut dr. Inke Nadia Diniyanti Lubis, M.Ked(Ped), SpA, PhD sebagai peneliti utama Sumatera Utara juga mengajak seluruh Tim Zoomal yang hadir untuk agenda Meet and Greet dengan jajaran pimpinan Universitas Sumatera Utara yakni Rektor (Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si), Wakil Rektor III (Bidang Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Kerjasama), Direktur Internasionalisasi dan Kemitraan Global (Prof. Dr. Eng. Himsar Amabarita, St, MT), serta Dekan Fakultas Kedokteran (Prof. Dr. dr. Aldy Syafrudin Rambe, Sp. S(K).

TIM ZOOMAL

Pertemuan tersebut diharapkan dapat menjadi langkah pengembangan program riset di Universitas Sumatera Utara dalam pelaksanaan One Health di Indonesia.

Ditulis oleh: dr. Rizki Indah Putri Lubis

Halaman 1 dari 16